Kamu Penting dan Berharga

Bila kita merasa diri penting dan berharga, masalah sebesar apa pun tidak akan pernah mengusik kita.

Mulai saat ini Anda harus menyadari betapa Anda sangat penting dan berharga. Itu salah satu pesan Dedy Susanto, terapis dan pakar motivasi, yang ia sampaikan pada salah satu training yang saya ikuti. Sangat membekas dan inspiratif.

Mengapa harus menjadi orang penting? Karena, bila kita merasa diri kita penting, semua masalah di luar kita menjadi tidak penting. Bila kita sudah menganggap semua masalah tidak penting, maka tidak ada satu masalah pun yang akan mengusik kebahagiaan kita.

Contoh paling gampang adalah, ketika di kantor banyak orang sedang menggunjingkan kita karena tiupan isu dari seseorang. Kemana saja kita melangkah seolah semua mata menatap kita seperti sampah. Kita menjadi tertuduh tanpa tahu apa yang orang permasalahkan.

Tapi karena kita merasa diri penting, kita tidak peduli dengan perlakuan orang terhadap kita. Kita tetap merasa santai dan tidak terusik karena kita memang tidak  merasa bermasalah dengan orang lain.

Lalu, dengan prinsip tersebut apakah kita lantas merasa cuek dengan segenap persoalan di sekeliling kita? Tidak juga harus begitu. Karena bila demikian sama saja kita menumpuk masalah kita sendiri.

Yang terbaik adalah, kita menyikapi dengan kepala dingin. Ketika kita difitnah oleh seseorang, selidiki dulu akar masalah sesungguhnya. Ada banyak alasan yang menyebabkan ia memfitnah kita. Alasan pertama, bisa jadi karena ia marah dengan sikap kita terhadapnya dan ingin membalas dendam. Alasan kedua, mungkin ia mengincar posisi atau jabatan kita dan berniat mengambil posisi itu dengan terlebih dulu menjatuhkan nama baik kita. Alasan lain, dia lagi iseng memfitnah saja, dan kita yang apes ketiban ulahnya.

Apa pun penyebabnya, kita tak perlu kebakaran jenggot menanggapinya. Ingatlah bahwa kita orang penting. Kita sangat penting dan berharga, jauh lebih penting dari semua masalah kita. Sehingga tidak akan habis energi kita untuk mengurus hal-hal yang tidak penting.

Sekali lagi, kuncinya adalah merasa diri penting. Ketika kita tahu siapa diri kita, tentunya kita akan tumbuh sempurna. Kita dapat selalu menghormati dan menghargai diri sendiri. Seperti kata Dedy, bila orang menghormati dirinya, maka ia akan mencintai, menyayangi dan memenuhi kebutuhan dirinya sendiri. Juga, tidak mudah terprovokasi oleh hal-hal yang tidak penting.

Jadi, berbahagialah Anda yang telah merasa menjadi orang penting dan berharga.

2 thoughts on “Kamu Penting dan Berharga

  1. hai Nilaaaa sayang …miss u so much…kata orang bijak lebih penting menjadi orang baik, daripada lebih baik menjadi orang penting..tapi ternyata ada kekuatan dahsyat ketika kita menganggap diri kita penting, kita akan menghormati dan menghargai diri kita sendiri…dan tidak mudah terprovokasi oleh hal-hal yang tidak penting…sukses selalu buatmu Nila!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s